Sabtu, Juni 20, 2009

KAOS OBLONG

Beberapa waktu lalu aku ke kampus untuk menemui dosen ku untuk minta tanda tangan . Alhamdulillah hari ini dapat satu tanda tangan. Setelah itu aku bertemu seorang temanku, yang lagi diskusi terkait penelitiannya. Wah bahasa..tingkat tinggi, kadang aku harus menyamakan frekuensi dan gelombang biar bisa mengikuti mereka. Sambil mendengarkan diskusi mereka sejenak ku alihkan pandangan ke orang-orang yang lewat di depanku. Luar biasa, mahasiswa-mahasiswa penuh semangat,..kayaknya mereka sedang menempuh ujian akhir semester. Ehm sejenak ku perhatikan pemuda-pemuda itu, ..tampilan rapi, necis , dan wangi, baju nya pun terlihat rapi, bersih. Jarang diantara mereka yang pakai kaos oblong, karena memang dikampus dilarang memakai kaos oblong, apalagi ini musim ujian.

Tadi, waktu di ruang dosen pun, para mahasiswa yang akan bertemu dengan dosennya hanya untuk sekedar konsultasi, atau minta evaluasi dosen, pakaian mereka juga rapi..ya iyalah jika pakai kaos oblong ,..malah bisa-bisa di suruh keluar sama dosennya.

Di hari berikutnya..kayaknya teman-teman kost ada yang akan menghadiri undangan acara dari sebuah televisi swasta di kota bengawan. Sejak pagi mereka sudah menyiapkannya..ya namanya anak muda penampilan tetap di jaga lah, tampil necis,.pakai minyak wangi..maklum mau masuk TV.

Di hari yang sama pula, kebetulan hari itu hari jumat, saatnya bagi kaum muslimin untuk menunaikan sholat jumat. Akupun berusaha menyiapkan dari awal biar gak terlambat. Ya setelah sholat jumat selesai, ku lihat satu persatu para jamaah mulai keluar meninggalkan masjid. Diantara mereka juga terlihat keren dengan peci, baju koko dan sarungnya, memang para pemuda harapan..Tapi wow ada juga yang pakai pakaian ala kadarnya, kaos oblong, atau pakaian yang kucel.

Ternyata pemandangan seperti ini tidak hanya aku temui ketika sholat jumaat saja, waktu sholat berjamaah di masjid pun aku sering menemui kejadian seperti ini. Sholat dengan pakaian ala kadarnya,kaos oblong bahkan sampai dengan memakai kostum sepak bola..pokonya lengkap deh.

Kawan…saya tidak menyalahkan para pemuda itu yang sholat ke masjid dengan pakaian ala kadarnya. Mereka adalah orang yang luar biasa, para pemuda yang masih tergerak hatinya untuk sholat ke masjid. Tapi marilah sejenak kita merenung…untuk menemui dosen saja kita memakai pakaian terbaik kita, menemui pejabat, kita memakai pakaian yang terbagus, kuliah? penampilan terjaga…mau ke acara walimahan? Kita memilih juga baju yang pantas,..tapi kadang kita melupakan bahwa kita ke masjid memenuhi undangan siapa, ingin mengahadap siapa. Bukan berarti memakai kaos oblong, atau kostum sepak bola untuk sholat itu dilarang, selama pakaian itu memenuhi syariat, bersih , saya kira tidak masalah. Akan tetapi kalau kita kuliah saja mampu memakai pakaian terbaik kita, ,..kenapa ketika ke masjid untuk sholat kita memakai pakaian ala kadarnya? Aku teringat dengan abang becak di dekat kostku waktu SMA dulu, ketika masuk waktu sholat beliau sudah memersiapkannya sejak awal. Peci, baju koko dan sarung yang memang pakaian itu beliau pakai untuk sholat. ..Luar biasa bukan.

Kawan….sejenak marilah kita ingat kembali firman Allah :” Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid…. ( QS. Al-A’raf 31)..semoga ayat ini menjadi pengingat buat kita bersama, untuk memakai pakaian yang bagus dan pantas ketika ke masjid, dan tentunya sebaik –baik pakaian adalah pakaian yang kita pakai dengan penuh ketaqwaan, bukan dengan kesombongan serta berlebih-lebihan. Wallahu’lam bi showab.

#########