Rabu, Desember 30, 2009

WISUDA BRO!

Hari itu tanggal 3 September 2009, hari yang ditunggu –tunggu beberapa mahasiswa di kampus kami. Ya karena hari itu memang hari wisuda program Pascasarjana,PPDS dan sarjana.

Hari itu juga merupakan salah satu hari yang membahagiakan buat saya, setelah beberapa tahun akhirnya wisuda juga, maklum lulusnya telat..he..he. Persiapan dari rumahpun dilakukan pagi-pagi kami sudah berangkat menuju solo untuk menghadiri acara wisuda dikampus. Ditemani ibu dan bapak serta mbak Rati , mbak yang mengasuhku waktu kecil ketika ditinggal ibu mengajar, yang juga tetanggaku.

Sesampainya di kampus, seperti dugaan, kampus rame sekali, banyak calon-calon wisudawan yang telah datang bersama keluarganya. Kebetulan kami mendapat shift gelombang kedua dalam acara wisuda periode ini, maklum auditoriumnya nggak muat untuk menampung wisudawan.

Suasana pagi itu gerah sekali..panas..apalagi harus memakai pakaian TOGA, sumuk je….Tetapi suasana panas tak menghalangi kebahagiaan para wisudawan. Senyum-senyum bahagia masih tersungging dari bibir mereka. Ya walaupun panas, dan kebetulan juga pas bulan puasa..tetep semangat pokoknya…Banyak godaan memang,puasa-puasa, haus, snacknya pun cukup dibungkus dibawa pulang.

Akhirnya giliranku tiba, namaku dipanggil..eh..dibelakangnya dikasih embel-embel SE…padahal orang tuaku dulu gak ngasih itu dinamaku..ya gak apa-apalah….Maju kedepan sama pak dekan dikasih ijazah, dan tali kuncir di topi toga dipindah tempat..yah selesai..cuma gitu doank. Setelah itu keluar sholat dan foto-foto bareng teman-teman.

Ijazah dah ditangan, transkrip dengan nilai pas-pasan, he..he ya cuma dengan IPK 3 lebih dikit, walaupun nggak dengan pujian tapi lahmdulillah juga nggak dengan cacian. Ketika ku pandangi transkrip nilaiku.ha..ha parah ternyata..ada yang 2,2,2 alias C..he,.di beberapa mata kuliah, yang dapat B juga ada A juga ada tapi dikit..Jadi teringat masa-masa kuliah dulu, untuk mencapai nilai itu ya butuh usaha dikit, minimal ngopi catatan temen katika mau ujian buat belajar…datang ujian dengan jadwal yang tepat serta membawa KRS..inilah yang penting..coz dulu sempat kejadian dah belajar eh..lupa jadwalnya seharuse ujian jam 07.00 aku berangkat jam 12.00..akhirnya nggak lulus mata kuliah itu..hiks..hiks.

Saya yakin usaha yang luar biasa juga dilakukan oleh mahasiswa yang lain, usahanya dalam belajar, usahanya dalam membayar uang SPP, uang kontrakan, uang kost,uang buku. Usahanya dalam ngerjain skripsi yang kadangkala bikin males…walaupun ada juga mahasiswa yang dengan usahanya agar bisa lulus ujian,,nitip absen dll..hayo siapa ?pada ngaku..ha..ha.. dan Akhirnya..walaupun agak terseok-seok..agak telat lulusnya..hari ini kita wisuda bro!sebuah prosesi pelepasan gelar Mahasiswa dan pengangkatan menjadi PNS alias Pengangguran NIng Sarjana ( walaupun nggak semuanya) ..he..he..itulah kisah kita kawan, semoga fase kita di kuliah bisa jadi cerita klasik untuk masa depan,,ha..ha

############

Bro…wisuda di kampus kita sudah kita lalui, ada yang dapat IPK pas-pasan, IPK dengan Pujian . Ya tergantung usahnya dulu ketika waktu kuliah, tapi kita seneng kan bisa lulus?he..he.

Yang menjadi pikiran adalah bagaimana wisuda kita nanti dari kampus kehidupan ini bro…kalo di kampus kita dulu nitip absen mungkin nggak ketahuan dosen, ngopi paste tugas juga nggak ketahuan..tapi bagaimana dengan di akherat nanti? Apa bisa kita nitip absen waktu sholat? Apa bisa kita menipu Allah Yang Maha Tahu..Rekaman-rekaman tingkah polah kita sudah terekam dengan lengkap , lebih canggih dari hanya sekedar sadapannya KPK atau Polisi, lengkap selengkap-lengkapnya.Bahkan tangan, kaki kita akan bersaksi., bisakah kita untuk mengelak?

Kalau dulu kita di kampus dapat nilai D bisa kita remidi , apa ada di hari penghitungan nanti? Padahal kita sadar nilai-nilai kita dikampus kehidupan dunia ini masih banyak yang merah…masih banyak kekurangan sana-sini, kalau kita tak remidi sekarang mau kapan lagi?

Kalau dulu kita maju kedepan dipanggil trus dikasih ijazah dengan kedua tangan sama dekan, bagaimana di hari penghitungan nanti? Apakah kita termasuk ashabul yamin..golongan orang-orang yang menerima catatan amal dari tangan kanan, atau orang –orang yang menerima catatan amal dengan dilemparkan?...

Bro..Saatnya kita terus berusaha memperbaiki diri, terus berusaha untuk beramal sholih agar Allah ridho dan memberikan nilai yang baik untuk kita. Kampus kehidupan ini juga sangatlah pendek tetapi kehidupan setelah kampus ini kekal. Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang menyesal di hari penghitungan. Ya Allah, Yang Maha Membolak-balikkan hati, kokohkanlah hati ini dalam dien dan ketaqwaan kepada-Mu.Golongkanlah kami dalam orang-orang yang mendapatkan pertolongan di hari perhitungan, dan hanya kepada-Mu kami berserah diri. Wallahu’alam bi showab.